Kamis, 16 Januari 2014

Mind Mapping

Mind mapping atau peta pikiran adalah suatu teknik pembuatan catatan-catatan yang dapat digunakan pada situasi, kondisi tertentu, seperti dalam pembuatan perencanaan, penyelesaian masalah, membuat ringkasan, membuat struktur, pengumpulan ide-ide, untuk membuat catatan, kuliah, rapat, debat, dan wawancara (Svantesson, 2004 : 1). Karyanya disebut mind map.
 Pemetaan  pikiran ini didasarkan pada kenyataan bahwa otak manusia terdiri dari satu juta sel otak atau setara dengan 167 kali jumlah manusia di bumi, sel-sel otak tersebut terdiri dari beberapa bagian, ada bagian pusat (nukleus) dan ada sejumlah bagian cabang yang memencar ke segala arah, sehingga tampak seperti pohon yang menumbuhkan cabang ke sekelilingnya (Buzan, 2009:30).  
Untuk lebih jelasnya, mind map dapat dianalogikan seperti peta kota. Pusat mind map mirip dengan pusat kota. Pusat mind map mewakili ide terpenting. Jalan-jalan utama yang menyebar dari pusat mewakili pikiran-pikiran utama dalam proses pemikiran kita, jalan-jalan sekunder mewakili pikiran-pikiran sekunder, dan seterusnya. Gambar-gambar atau bentuk-bentuk khusus dapat mewakili area-area yang menarik atau ide-ide menarik tertentu. Mind map ini berisi tentang simbol-simbol, gambar, dan keyword. Bersifat bebas dan dibuat sesuai kreatifitas masing-masing individu. Beberapa manfaat dari metode mind mapping ini diantaranya untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek sehingga waktu yang diperlukan untuk belajar lebih cepat dan efektif selain itu membuat individu menjadi lebih kreatif.
 Hal-hal yang harus dipersiapkan ketika akan membuat mind map adalah :
  • Kertas kosong tak bergaris.
  • Pena atau spidol berwarna-warni.
  • Otak dan imajinasi.
  • Buku sumber.
  Berikut beberapa contoh karya mind map saya.
Perlengkapan Mind Mapping
Mind Map Karbohidrat
 
Mind Map Lipid

So, this time to watch out your creativity guys. Try it !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar